Tips belajar bahasa Inggris

Hidup di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing membuat kita agak sulit untuk menguasai bahasa ini. Banyak sekali orang yang saya temui menanyakan (karena saya guru bahasa Inggris), bagaimana cara belajar bahasa Inggris sehingga bisa dengan cepat bisa berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Sejujurnya saya bingung dengan pertanyaan ini karena saya sendiri tidak mempelajarinya dengan instan. Namun ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk anda yang benar-benar ingin belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dengan cepat.
  1. Anda harus terbiasa mendengarkan bahasa tersebut. Hal ini bisa dilakukan melalui lagu, mendengarkan percakapan dari televisi maupun radio. Dengan mendengarkan ini pula anda akan belajar pronunciation atau pelafalan yang benar, serta bisa pula mempelajari accent dari native speaker. Selain itu anda akan terbiasa pula dengan gambit, yaitu cara bagaimana bahasa disampaikan.Jika anda suka menonton film atau acara TV dalam bahasa tersebut, berusahalah untuk tidak melihat subtitle, namun fokus kepada apa yang diucapkan.
  2. Berusahalah membaca dalam bahasa tersebut. Coba baca dari bahan yang sederhana misalkan komik, karena ada gambar yang bisa membantu pemahaman. Setelah itu mungkin surat kabar, artikel di internet atau majalah dan novel. Untuk membaca ini, banyak orang yang mengeluh karena tidak mengetahui semua kata yang ada, malah membuat pusing atau akhirnya malah berakhir dengan membuka-buka kamus saja. Sebenarnya membaca tidak perlu memahami setiap kata yang ada, namun kita bisa membaca dalam konteks, yaitu menebak dari konteks arti kata yang ada di sana. Jadi jangan malah membaca kamus sibuk mencari kata. :)
  3. Setiap anda menemui kata baru yang belum anda ketahui, catatlah kata tersebut di buku khusus anda, beserta dengan kalimat yang menyertai kata tersebut. Lalu jika anda mempunyai waktu luang, anda bisa mengecek arti kata tersebut di dalam kamus, dan meletakkan arti kata tadi dalam konteks kalimatnya. Dengan cara ini anda akan dengan cepat mengembangkan vocabulary atau kosa kata anda.
  4. Carilah teman yang mempunyai tekad dan motivasi yang sama untuk belajar bahasa Inggris. Buatlah komitmen untuk menggunakan bahasa ini dalam berkomunikasi, sehingga dengan demikian anda tidak akan malu untuk berlatih menggunakan bahasa tersebut. Anda bisa juga mengikuti kelas kursus bahasa Inggris jika anda tidak mempunyai teman untuk berlatih(bukan promosi...:)
  5. Buatlah diary/ jurnal tentang apa saja yang ingin anda tulis dalam bahasa Inggris. Menulis akan sangat baik untuk mengembangkan kemampuan anda, karena anda akan belajar banyak kosa kata dan penggunaannya dalam kalimat.
  6. Grammar/ structure bisa anda pelajari dalam "perjalanan" ekspose anda terhadap bahasa ini, jadi jangan khawatir untuk membuat kesalahan dalam proses pembelajaran. Banyak structure yang saya mengerti sekarang ini karena saya terbiasa melihat pemakaiannya dalam kalimat-kalimat yang saya baca.
Mempelajari bahasa adalah proses yang berkelanjutan dan terus berkembang, jadi tidak perlu putus asa dan khawatir tidak akan pernah bisa, karena benar bahwa kita bisa karena biasa.

Selamat belajar...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mamoru at Irene Indriart

Meredam rewel tantrum